Submit Your Blog


Breaking News

SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit)

Software Rumah Sakit G-Hospital


Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi, penagihan,  database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen. Produk kami G-Hospital adalah sistem yang terintegrasi pada semua modul dan telah dipakai di beberapa Rumah Sakit Daerah, baik yang telah berstatus BLU maupun belum. SIMRS ini didesain dengan teknologi informasi terbaru dan interface yang menarik sehingga mudah digunakan.
Manfaat yang didapatkan Rumah Sakit dengan menggunaan SIMRS ini adalah:
  • Proses-proses manajemen rumah sakit bisa terintegrasi antara satu bagian dengan bagian lainnya.
  • Pengendalian stok obat dan alkes multi gudang (multi apotek / floorstock) bisa dilakukan dengan lebih mudah karena posisi stock up to date-nya bisa diketahui setiap saat.
  • Penagihan kepada pasien bisa dibuat dalam sebuah single billing statement untuk semua jasa perawatan yang telah diterima pasien.
  • Riwayat penyakit dan perawatan (medical record) pasien bisa dikelola dan dipanggil dengan cepat dan otomatis.
  • Analisis statistik diagnosa dan pembedahan terhadap pasien telah disesuaikan dengan standard yang telah ditetapkan WHO.
  • Memudahkan proses budgeting dan pengendalian realisasinya.
  • Memudahkan penyusunan rencana cash-flow dan pengendalian arus kas maupun bank.
  • Dengan SIMRS, resiko keterlambatan pembayaran atau penagihan hutang piutang bisa dikurangi.
  • Menjaga konsistensi data (data consistency) karena menggunaan data bersama (data sharing) baik data master (database pasien, dokter, perawat, karyawan dan obat) maupun data transaksi.
  • Pemanfaatan data keluaran / output dari suatu modul oleh modul lain (sebagai masukan / input) sehingga bisa dihindari adanya redundansi proses antar bagian.
  • SIMRS memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan di semua unit, cepat dan akurat.
  • Pencetakan nota pembayaran, kuitansi, surat menyurat bisa dilakukan dengan mudah.
  • Efisiensi waktu entri data (entry time) karena hanya dilakukan sekali oleh bagian yang paling berkompeten.
  • Efisiensi kerja karyawan menjadi meningkat karena beberapa proses rutin seperti pembuatan laporan atau perhitungan-perhitungan dilakukan secara otomatis dan cepat. Dengan demikian karyawan lebih bisa berkonsentrasi kepada hal-hal yang bersifat stratgis.
  • dll.

Teknologi

SIMRS kami  G-Hospital dibangun dengan teknologi mutakhir berbasis Open Source dengan spesifikasi:
  • User Interface berbasis VB 6.0
  • Database menggunakan SQL 2000

Spesifikasi Sistem

SIM RS tersusun atas beberapa Sistem dan Modul :
1. FRONT OFFICE
  • Modul Admition/ Pendaftaran
  • Modul Poliklinik / Rawat Jalan
  • Modul Gawat Darurat
  • Modul Rawat Inap
  • Modul VK (Kebidanan)
  • Modul OK (Operasi)
  • Modul Laboratorium
  • Modul Radiologi
  • Modul Farmasi/Apotek
  • Modul Modul Rawat Intensive (ICU/NICU/PICU)
  • Modul Hemodelisia
  • Modul Gudang Obat
  • Modul Rekam Medik
  • Modul Gudang Barang Umum

2. BACK OFFICE

  • Modul Perkiraan
  • Modul Pendapatan Kas / Bank
  • Modul Biaya Kas / Bank
  • Modul Giro / Cheque
  •  Modul Asset
  • Modul Piutang
  • Modul Hutang

Fitur Unggulan

Keunggulan gHospital
  1.  Rancangan sistem informasi dibangun berdasarkan pedoman umum yang lazim dan berlaku di lingkungan rumah sakit Indonesia.
  2. Real-time update data keuangan dan inventory serta pelayanan.
  3. Pencatatan /kodefikasi data medic seperti Standard ICS-!).
  4. Dibangun secara terintegrasi pada modul-modul master data yang mencegah adanya duplikasi data.
  5. Inventory dan warehousing dapat diakses setiap saat oleh pihak yang berhak dari setiap tempat penyimpanan termasuk dibeberapa depo/satellite yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara.
  6. Mendukung system multi - tarif yang dikenakan berdasarkan kelompok – kelompok pelanggan.
  7. Pencarian informasi data dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  8. Bukti-bukti transaksi diberikan kode yang di-generate secara otomatis oleh system.
  9. Data-data tertentu dapat diakses oleh para pengguna yang berhak namun hanya dapat di-Update oleh petugas yang berwenang saja.
  10. Pasien rawat inap dapat langsung memperoleh kepastian tempat tidur pada saat pendaftaran.
  11. Seluruh transaksi pasien dideskripsikan lengkap dalam dokumen biaya pasien.
  12. Pengiriman informasi kartu status dari setiap simpul unit bisnis menggunakan system jaringan komunikasi data elektronik yang terintegrasi.
  13. Kebijakan akuntansi mengakomodasikan hal-hal berikut: Menganut basis akrual; Penerapan prinsip kemudahan dalam pengisian dan audit; Proper matching cost with revenue; Multi-currency system dan FIFO (first in first out) system.
  14. Pendapatan dan biaya diakui berdasarkan tempat terjadinya transaksi
  15. Laporan pendapatan per unit/bidang disusun berdasarkan kelompok pelanggan serta dapat diterbitkan secara real-time setiap saat.
  16. Dokumen-dokumen tagihan, rekapitulasi piutang serta pendukung lainnya diterbitkan tanpa proses re-entry.
 KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK DOWNLOAD PROPOSAL
 Download Proposal G-Hospital


Head Office:
Global System Management
Perumahan Citra Pasundan Blok D1/2 Curug Tangerang
Telp. 0811 981927 /085283680719
email     : gsm.doit@yahoo.co.id
website : http://gsmdoit.96.lt/

Post a Comment

Berikan komentar anda.